Solomon Consulting Group

 

Berita Lainnya

OJK Bakal Audit Kepatuhan Akuntan Publik

 

akuntanpublik.com, 10 Juli 2013

 

Anggota Dewan Komisioner OJK\Kepala Eksekutif Pasar Modal, Nurhaida menegaskan dalam semester II 2013 akan melakukan audit kepatuhan terhadap akuntan pubik (AP) yang berpraktek di pasar modal.

 

Pernyataan yang disampaikan usai menghadiri rapat kerja dengan Komisi XI DPR, Selasa (9/07/2013), menurut Nurhaida, audit terhadap AP merupakan komitmen awal sejak berdirinya OJK. Ia merencanakan untuk melakukan pengawasan terhadap praktek akuntan publik, dengan melakukan audit kepatuhan. "Bagi akuntan publik yang berkiprah di pasar modal harus mengikuti aturan main yang dibuat regulator. Kami ingin mengetahui seberapa patuh terhadap aturan main tsb," kata Nurhaida.

 

Selama ini, audit kepatuhan terhadap AP belum pernah dilaksanakan. Namun demikian, OJK sebelum melakukan audit sedang menyusun pedoman pemeriksaan atau audit kepatuhan atas akuntan publik. "Saat ini, kami sedang menyusun rencana audit tsb," ujarnya.

 

Menyadari jumlah AP yang berpraktek di pasar modal cukup banyak, sekitar 650 dan tidak sebanding dengan sumber daya OJK yang ada, Nurhaida menyatakan tidak akan memeriksa seluruh AP yang berpraktek di pasar modal. Hanya beberapa AP yang akan diperiksa disesuaikan kriteria banyaknya klient. "Jadi semakin banyak mengaudit emiten dalam satu masa audit, kemungkinan AP tsb diperiksa semakin besar,"ujarnya.

 

Sedangkan terkait dengan soal rotasi AP yang bakal diatur ulang dalam RPP Praktek Akuntan Publik, Nurhaida menyatakan AP yang berpraktek di pasar modal harus mengikuti aturan di pasar modal. RPP Praktek Akuntan Publik hanya mengatur rotasi AP setelah 5 tahun berturut turut mengaudit satu enitas, sedangkan di pasar modal harus mengikuti aturan yang lebih khusus.

 

"Itu kan RPP yang berlaku umum, namum sepanjang tidak diatur lebih lanjut oleh pasar modal maka ikut ketentuan umum. Tapi kalau di atur khusus di pasar modal maka harus mengikuti aturan pasar modal," jelas Nurhaida.

 

 

Loading

Arsip Berita

Hubungi Kami

Solomon Consulting Group
     
Telepon : 081-1360-890
     
E-mail : info@proscg.com
     


 

Hubungi Kami

 

Event

Karir

Quotes

“Trust in the LORD with all your heart, and lean not to your own understanding. In all your ways acknowledge Him, and He shall direct your paths. [Proverbs 3 : 5,6]”

 

 

Copyright © 2012 by Solomon Consulting Group
Powered by tobsite.com